Nama Sekolah
: SMA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : XI / Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar :
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan kerjasama, konsisten,
sikap disiplin, rasa percaya
diri, dan sikap toleransi dalam memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah,
kritis dan disiplindalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan
perilaku peduli
lingkungan.
3.1 Memahami dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan
sifat –sifat operasi matriks
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah, operasi matriks dan
serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
4.1 Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan
menyajikan model matematika
dari suatu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau
invers matriks
dalam pemecahannya.
Indikator
:
3.4.1 Menjelaskan pemahaman konsep matriks dan sifat –sifat
operasi matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
3.4.2 Menganalisis jenis-jenis konsep matriks dan sifat –sifat
operasi matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
3.4.3 Menyelesaikan konsep matriks dan sifat –sifat operasi
matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
Alokasi waktu : 2 x 45
B. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
- Menjelaskan pemahaman konsep matriks dan sifat –sifat operasi matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
- Menganalisis jenis-jenis konsep matriks dan sifat –sifat operasi matriks serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah
- Menyelesaikan konsep matriks dan sifat –sifat operasi matriks serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah
C. Materi
Pembelajaran
MATRIKS
D. Metode:
- Ceramah
- Ceramah
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
E. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Awal
Apersepsi :
Apakah yang dimaksud dengan sifat –sifat operasi matriks serta menerapkan dalam pemecahan masalah?
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan
baik maka siswa dapat dengan mudah menyelesaikan
soal-soal berkaitan dengan materi ini.
Tatap Muka
Kegiatan
Inti:
- Memberikan pemahaman tentang konsep matriks
- Menjelaskan tentang sifat -sifat operasi matriks
- Menjelaskan tentang konsep matrik dan sifat –sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
Kegiatan
Mandiri Tidak Terstruktur
Siswa mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru baik secara mandiri atau berkelompok.
Kegiatan
Akhir
- Penilaian
- Guru dan siswa bersama-sama memberikan kesimpulan dari materi yang sudah diajarkan.
F. Sumber dan Media Pembelajaran
Sumber : - Modul Matematika matriks Pemerintah Kota Malang Dinas
Pendidikan SMA
Negri 6, disusun oleh Drs. Pundjul Prijono
Media : - Laptop/computer
- LCD
G. Penilaian
- Teknik : Tes Tertulis
- Bentuk : Tes Uraian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar