Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP)
            Satuan Pendidikan      : SMP/MTS
            Kelas/Semester          : VIII/1
            Pertemuan Ke-           : 1
            Alokasi Waktu            : 80 menit,
A.  Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli         (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)      
    berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya   
    terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
    merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar                                    :
     3.9 Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi : Dalam proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu:
          1. memahami nama-nama benda ruang: kubus, balok, prisma dan limas.
          2. menyebut benda-benda di sekitar yang sesuai dengan nama-nama tersebut.
          3. menyebut unsur-unsur benda benda tersebut
          4. menemukan banyaknya unsur  unsur masing-masing benda tersebut.
          5. menemukan hubungan antara banyaknya unsur-unsur tiap-tiap benda itu.
          6. menemukan cara menghitung luas permukaan benda-benda tersebut.
D. Tujuan pembelajaran: Setelah mengikuti pelajaran ini siswa mampu:
          1. menghitung luas total permukaan prisma segi-n teratur (n = 2, 4, 6, 8)
          2. menghitung luas total permukaan limas segi-n teratur (n = 2, 4, 6, 8)
E.  Materi ajar: Bangun Ruang Sisi Datar
          Luas total permukaan prisma dan limas
F. Pendekatan dan Metode pembelajaran
          Pendekatan: Pembelajaran langsung
          Metode: Ceramah, Diskusi kelompok, pemberian tugas.
G. Kegiatan Pembelajaran               :
          I. Kegiatan Awal (7 menit)
      1. Orientasi . Guru memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi, menampilkan slide animasi (jika memungkinkan), bangun-bangun ruang di sekitar/ dalam ruangan
      2. Apersepsi
          Memberikan apersepsi awal kepada peserta didik tentang bangun ruang yang akan diajarkan.
3. Motivasi
          Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari bangun ruang sisi dataryang akan diajarkan.
4. Pemberian Acuan
      Bangun ruang sisi datar dijumpai dalam industri pembuatan mainan anak-anak, kaleng makanan, cat,  hiasan taman,.
       Pembagian kelompok belajar. Tiap kelompok 5-6 siswa. Menyediakan alat peraga atau gambar: kubus, balok, prisma dan limas.
      Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar: pembagian LKS, diskusi, penyelesaian tugas dalam LKS.
          II. Kegiatan inti(65 menit).
      Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi informatif menggunakan LKS yang berisi tentang nama-nama bangun ruang sisi datar. Menginformasi unsur-unsur bangn ruang sisi datar (sisi, rusuk, titik-sudut)
      Guru mengarahkan dan membimbing kelompok untuk menemukan banyak sisi (S), rusuk (R) dan titik sudut (T)
      Guru mengarahkan dan membimbing kelompok untuk menemukan hubungan antara S, R, dan T.
      Guru mengarahkan dan membimbing kelompok untuk menemukan cara menghitung luas total bangun ruang sisi datar.
          III. Kgiatan akhir (7 menit)
      Guru membimbing kelompok untuk menarik kesimpulan tentang definisi prism, limas, balok dan kubus.
      Guru membimbing kelompok untuk menarik kesimpulan banyaknya sisi datar benda ruang yang dibicarakan.
      Guru membimbing kelompk untuk menarik kesimpulan cara menghitung luas total sisi benda yang dibicarakan.
H.  Alat dan Sumber Belajar                          
          - Alat dan Bahan: peraga atau/dan gambar kubus, balok, prisma dan limas
          - Sumber Belajar:
          1. Buku Matematika SMP/MTS Kelas VII., 2013, Kemeenterian Pendidikan dan
             Kebuyaraan, Jakarta.
          2. Contextual Teaching and Learning MATEMATIKA  Kelas VIII, 2008. Pusat    
             Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
I.  Penilaian-proses dan Hasil-belajar             
    1. Evaluasi  Proses
          - Tenik                                                   : non-tes
          - Bentuk                                                 : tertulis
          - Instrumen (Tes dan Nontes)                : lembar pengamatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar